Kamis, 19 November 2015

11 penyebab Terbesar kegagalan bisnis Internet

yudi cahyadi


11 penyebab Terbesar kegagalan bisnis Internet -Tidak ada satupun orang yang mau gagal dalam bisnis yang dijalankannya baik itu bisnis offline atou bisnis internet. Akan tetapi kadang-kadang cita-cita dan harapan yang kita impikan tidak sesuai dengan kenyataan, tenang anda jangan stress dan frustasi karena kesuksesan itu bukan di dunia saja tetapi kesuksesan di akhirat juga harus diperjuangkan (believe or not) .

Banyak di internet yang  Sharing artikel dengan contoh judul :

"5 orang yang sukses meraup miliaran rupiah hanya dengan blog gratis ".

Tetapi tidak ada kan judul artikel "5 orang yang  GAGAL dalam bisnis online  "…hahaha

Jadi pada intinya memang banyak orang yang sukses via internet tetapi tidak sedikit juga orang yang gagal dalam bisnis internet-nya, kan tidak etis masa kegagalan bisnis orang disebar luaskan di internet..

berikut 11 penyebab terbesar kegalan bisnis internet yang harus diperhatikan :

1. Salah Memilih Topik

Sebaik dan secantik apapun tampilan bisnis anda jika tidak direncanakan dengan baik dan keliru dalam memilih topic yang tidak anda kuasai, itu akan menyebabkan anda sulit untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan, yang Pada akhirnya tidak bisa menulis apapun karena topic yang dipilih tidak anda kuasai dengan sepenuhnya…Lho kok bisa demikian..?, ya itu bisa kemungkinan terjadi karena pada awal memilih topic tersebut saingannya rendah dan pencariannya banyak, memang itu termasuk Niche Keyword tetapi percuma kalou anda tidak paham dan menguasai tentang topic yang dipilih…

Lalu Bagaimana solusinya…?. Ya anda tinggal buka notepad atou Excels lalu pergi Ke Dmoz.org dan pilih topic favorite anda sebanyak-banyaknya lalu simpan di notepad untuk di review mana topic nice yang paling dikuasai dan mampu dijalankan >  Lau riset kata kunci di Adword tools

2. Memaksakan Bahasa yang tidak anda kuasai

Ceritanya kita tergiur dengan penawaran komisi affiliate luar negeri yang memang rata-rata sangat besar, sedangkan bahasa inggris kita pas-pas an dan kita memaksakan membuat situs blog affiliate dengan berbahasa inggris..
Apa  yang terjadi?? Kita akan terjebak, kita tidak bisa menulis dan mengembangkan situs affiliate yang pada akhirnya tidak dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Kecuali anda punya modal besar untuk promosi via iklan, traffic berbayar dan jasa penulis artikel konten untuk mengembangkan bisnis affiliate anda.

3. Tidak Membuat Konten Yang Besar dan berkualitas

Kadang Web Owner membuat sebuah konten situs hanya dioptimalkan untuk robots saja (mesin pencari), sedangkan untuk manusia kurang diperhatikan, alasannya biasa aja yang penting bisa nangkring di posisi teratas di google….Kalou menurut pendapat saya percuma nangkring di posisi 1 google tetapi pada saat di klik dan melihat konten yang ada,,eh malah orang pada cepat pergi,boro-boro dapat uang visitor aja langsung minggat.

Kenapa Bisa begitu…??,,yan intinya konten, konten, dan konten. Konten yang  besar dan berkualitas orang pada betah dan berlama-lama di blog yang dikunjunginya.

Jadi Kesimpulannya bagaimana..??
Situs Yang besar dan terkenal itu karena mereka dioptimalkan untuk manusia dan juga Robots. Percuma juga konten yang berkualitas tetapi tidak dioptimalkan untuk mesin pencari, orang orang mana tau kalou anda punya konten yang hebat sedangkan di Mesin pencari aja tidak ada.

4. Kecepatan Situs yang lambat

Oke, kalian punya konten yang besar dan berkualitas dan tampil di 10 besar mesin pencari khususnya google, tetapi pada saat orang membuka halaman anda, waktu loading nya lambat sekali. Apa yang terjadi..??, kemungkinan besar adalah menutupnya dan mencari informasi ditempat lain. Hal tersebut menjadi salah satu sebab bisnis internet apapun yang dijalankan menjadi gagal dan sia-sia meskipun kita mempunyai konten yang besar dan berkualitas.
Solusi : Test kecepatan google speeds di webmaster tools dan perbaiki

5. Melompat pada bisnis lain

Waduuh.. yang satu belum keurus, eh sudah buat situs bisnis baru yang akhirnya fokusnya menjadi terpecah belah, lebih baik satu persatu agar focus ke satu titik tujuan goal. Kecuali anda punya team untuk membantu PR anda.

6. Tidak mau Mengeluarkan Modal

Jualan bakso aja harus ada gerobak, apalagi bisnis besar. Yang namanya bisnis, apapun bentuknya baik online atou offline pasti mengeluarkan biaya. Dalam bisnis affiliate marketing juga sama, meskipun mempromosikan produk orang lain tetap akan keluar modal. yang menjadi permasalahan adalah kadang-kadang orang punya modal besar tetapi terbentur dengan metode pembayaran di internet yang harus punya credit card atou paypal, syukur-syukur kalou seorang pegawai pemerintah.

Contohnya seperti apa : kita mau mempromosikan bisnis kita tanpa susah payah yaitu via Paid search atou traffic berbayar seperti google adwords waloupun kita punya money banyak tetapi tidak punya credit card atou paypal kita tidak bisa berbuat apa-apa, yang bisa kita lakukan hanya promosi secara manual alias organic search yang memakan waktu,tenaga,pikiran dan biaya.

7. Tidak Menyertakan Atribut-Atribut Penting

Menjaring pembeli di internet agar deal terjadi konversi itu sulit, berbeda dengan jualan offline yang langsung tatap muka dengan penjualnya..Kenapa demikian pak..??. Jawabannya Adalah kepercayaan dan keamanan. Seorang pembeli takut tertipu dan merasa hati-hati dengan situs yang dikunjunginya, karena yang namanya beli online itu antara laptop/pc vs laptop yang jarak jauh yang tidak tau penjual sebenarnya itu siapa.

Bisnis internet yang tidak menyertakan atribut lengkap seperti kontak,  terms, privacy, faq, testimonial, dan about autor, akan menurunkan tingkat kepercayaan pada visitor yang membuat pengunjung curiga akan terjadinya penipuan.

8. Terlau banyak Iklan

Siapa yang tidak ingin berpenghasilan lebih dari satu iklan,tetapi permasalahannya apakah visitor tidak terganggu dengan iklan yang tampil terlalu ramai yang dapat memperlambat loading situs.
Terlalu banyak iklan kadang membuat pembaca terganggu apalagi iklan popup yang membuat pembaca langsung menutupnya dan pindah ke tempat lain. Solusinya ambil maximal iklan dalam blog hanya 3 iklan yang tampil atoupun kurang dari itu,serta tidak menutupi konten anda.

9. Ingin cepat menghasilkan banyak uang

Yang namanya kaya dalam semalam itu tidak ada, kecuali keajaiban dari Tuhan. Berpikir ingin cepat-cepat menghasilkan uang dari bisnis affiliate anda, malah akan memperburuk bisnis yang dikelola,kenapa demikian..?. karena anda akan terbebani dan jika tidak menghasilkan uang banyak dari bisnis yang dikelola, anda akan merasa kecewa besar dan mungkin tidak mau melanjutkan bisnis yang sedang berjalan. Semuanya adalah proses.

10. Reputasi Hancur lewat SPAM

Tidak semua orang suka dengan kiriman email newslatter dan penawaran produk lainnya, jangan memaksakan mengirimkan penawaran jika mereka sudah tidak berlangganan pada anda karena mereka merasa terganggu,karena hal itu bisa merusak reputasi bisnis affiliate anda. Atou Black list siap menunggu kita.

11. Tidak serius Dalam menjalankan Bisnis Internet

Segala sesuatu pekerjaan apapun, awalnya adalah dari niat, kalou kita membuat bisnis internet niatnya setengah hati artinya tidak full 99,999 % secara logika mungkin tidak akan menghasilkan apa-apa. Karena menjalankan dan mengembangkannya juga akan setengah-setengah, kalou tujuan anda hanya hobi membuat situs/blog lebih baik buat blog gratisan yang tidak banyak mengeluarkan biaya seperti di blogger.com ini.
Ya, seperti seperti saya yang hobi buat artikel..yang ada dipikiran saya bagikan secara spontan berdasarkan pengalaman-pengalaman saya.

Terimakasih telah membaca artkel 11 penyebab terbesar kegagalan bisnis internet