Senin, 10 Maret 2014

Risiko Keamanan Smartphone Android

android security
Diera modern ini smartphone android sudah merajalela merajai pasar dunia khususnya indonesia.Android sudah ada dikantong pengguna dari kelas bawah sampai premium,namun sistem operasi android kadang rawan terhadap risiko keamanan seperti phising,malware,adware spyware dan lainnya.Yang harus diketahui  pada keamanan android anda adalah :

Fragmentasi OS
Sebagai publikasi, ada tiga versi besar dari Android: Gingerbread (2.3), Ice Cream Sandwich (4.0) dan Jelly Bean (4.1 dan 4.2). Fragmentasi ini berasal dari siklus cepat-release dari Android, yang beberapa produsen tidak dapat bersaing, sementara yang lain memilih untuk tetap dengan versi OS untuk alasan hardware. Perangkat yang masih menggunakan OS yang lebih tua, 2.3, rentan terhadap risiko keamanan yang lebih , mengingat bahwa OS belum diperbarui.

Applikasi
Android dilengkapi dengan pilihan built-in untuk menginstal aplikasi dari (APK) Berkas paket Android, ini disebut "sideloading" apps. Hal ini dinonaktifkan secara default. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan aplikasi dari luar toko Putar Google, tetapi menyajikan risiko menginstal file  terutama jika Anda sideloading aplikasi bajakan, yang dapat mencakup malware di file APK.
 bahkan aplikasi Playstore menimbulkan risiko tertentu dalam bentuk aplikasi yang meminta terlalu banyak izin. Pada tahun 2012, vendor keamanan Bit9 dianalisis 400.000 aplikasi di toko Play dan menemukan bahwa 42 persen dari mereka aplikasi meminta akses ke data GPS, sedangkan 30 persen meminta akses untuk sejarah telepon.

Keamanan Data
Upaya phishing mempengaruhi perangkat Android seperti halnya komputer. Spammer mengirimkan SMS atau email pesan dengan link atau download terinfeksi yang membahayakan data pada perangkat Android Anda, atau menipu Anda agar memasukkan informasi pribadi. Beberapa malware SMS juga bekerja dengan mengirimkan pesan SMS di latar belakang, memberikan uang kepada spammer dengan menambahkan biaya ke tagihan telepon Anda.

Tips Perlindungan
Perlindungan terbaik terhadap risiko keamanan pada perangkat Android adalah tindakan pencegahan,kalou diibaratkan lebih baik mencegah daripada mengobati :

  1.  jangan menginstal aplikasi dari pengembang yang tidak terpercaya
  2. tidak menginstal aplikasi bajakan. 
  3. Tinjau hak akses dari aplikasi yang Anda install dari Playstore, dan pastikan bahwa mereka izin berada di sana untuk alasan yang baik - tidak hanya untuk membaca data. 
  4. Berhati-hati menggunakan toko aplikasi alternatif pada perangkat Anda, karena mereka mungkin tidak memeriksa aplikasi mereka untuk masalah keamanan.
  5. Jangan menyimpan data sensitif pada perangkat Anda, dan hindari mengakses situs yang memerlukan informasi pribadi . Untuk lapisan tambahan perlindungan, tambahkan sebuah aplikasi anti-virus untuk perangkat Android Anda seperti AVG antivirus,lockoutmobile security dan lainnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini...moga-moga bermanfaat