bagaimana memelihara komputer yang baik

Bagaiman memelihara komputer yang baik,mungkin diantara kalian pernah mengalami yang namanya komputer yang lemot,ya itu mungkin kita kurang memelihara komputer kita dengan sebaik baiknya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang modern komputer berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan,baik itu untuk pekerjaan kantor,berbisnis atoupun hanya sekedar bermain game dan lain lain.

Akan tetapi kebanyakan pengguna komputer/pc hanya memakai dan terus memakai tanpa memperhitungkan akibatnya dikemudian hari jika komputer itu ruksak yang pada akhirnya dibawa ke tempat service yang memakan biaya cukup besar.

   1.     MEMELIHARA HARDWARE KOMPUTER [Perangkat keras]
                                                                                                                                                                                              Bagian ini perlu diperhatikan bagi pengguna komputer,meskipun sepele tetapi akan membuat komputer menjadi awet dan tahan lama.adapun beberapa hal dalam merawat hardware[perangkat keras]komputer adalah: 
  • selalu membersihkan bagian luar komputer dengan pembersih debu atou pakai kain yang halus, perangkat hardware yang bisa dibersihkan adalah monitor,keyboard,casing cpu dan mouse.
  • Berikan penutup kain atou penutup khusus komputer.Tutuplah komputer setelah menggunakannya Posisikan komputer pada tempat yang nyaman dan pencahayaan yang cukup. 
  • Jangan menutup komputer pada saat dinyalakan karena panas udara dalam hardisk tidak bisa keluar,yang akan mengakibatkan komputer menjadi lambat dalam pengoperasiannya. 
  • Jangan mencabut atou melepas komponen komputer pada saat komputer masih hidup.Misalkan mencabut usb flashdisk,atoupun komponen lainnya. 
  • Hidupkan dan matikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar,biasanya dalam pembelian komputer diberikan buku cara pemakain komputer dari awal sampai akhir,anda pelajari saja dari buku petunjuk tsb. 
  • Usahakan gunakanlah komputer untuk hal-hal yang bermanfaat,seperti untuk belajar mengetik dengan ms word,untuk pekerjaan kantoran atoupun berbisnis. 
  • Hindari pemakaian komputer terlalu lama karena akan merusak mata,Sebaiknya gunakan kacamata sebagai pelindung jika anda menggunakan komputer dalam waktu yang lama
2.      MEMELIHARA SOFTWARE KOMPUTER[Perangkat lunak]
                                                                                                                                                                                                Selain hardware [perangkat keras] software [perangkat lunak] juga perlu diperhatikan dalam memelihara komputer agar lebih awet dan menjaga stabilitas system komputer.Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat software:

  • Secara rutin lakukan pembersihan file file sampah yang ada pada recycled bin dan temporary files
  •  Gunakan software bantuan anti virus untuk pembersihan virus,lakukan scan anti virus secara terjadwal dan selalu update virus. 
  • Gunakan program bantuan seperti ccleaner atou norton win doctor apabila terjadi kesalahan pada registry,kesalahan pada registry akan menyebabkan system tidak stabil [eror]. 
  • Secara terjadwal lakukan defragmentasi untuk mengecek dan mengontrol disk yang rusak sekaligus memperbaikinya karena akibat dari penulisan dan penghapusan file berkali- kali. 
  • Masukan data ke direktorinya masing-masing,buatlah folder sesuai dengan jenis file nya,misalkan untuk musik buat folder musik,untuk dokumen buat folder dengan nama yang berhubungan dengan dokumen dan pisahkan sesuai jenis file nya. 
  • Backup data-data yang penting dengan disket atoupun flashdisk dan yang lainnya.