bisnis online

Bisnis online atau bisnis offline adalah sebuah kegiatan usaha seseorang yang mempunyai kesamaan yaitu untuk mempromosikan produk mereka sendiri atau produk orang lain kalou di dunia online disebutnya Affiliate (pps). 

Akan Tetapi untuk mencapai sebuah kesuksesan baik di dunia maya atau nyata semua itu membutuhkan kerja keras,konsistensi,dan mau belajar untuk berkembang, tanpa hal itu sulit untuk mencapai goal anda. 

Oke saya share perbedaan dan persamaan antara tipe bisnis online dan offline

PERBEDAAN BISNIS ONLINE DAN BISNIS OFFLINE

📌 WAKTU DAN TEMPAT


Bisnis online tidak terikat waktu dan tempat dimanapun anda berada bisa dijalankan asal ada koneksi internet yang tersambung. Anda dapat mengatur waktu dan tempat sesuai keinginan , sedangkan bisnis offline biasanya membutuhkan tempat dan waktu untuk memanagenya. Sewa lahan untuk jualan dan mengontrol karyawan anda itu semua butuh meluangkan waktu banyak

📌 BUDGET


Bisnis online cenderung tidak membutuhkan biaya yang besar, syarat Primer adalah MEDIA (laptop/pc), dan koneksi internet dan syarat sekundernya adalah Domain dan web hosting, Terkecuali anda membangun toko online

Bisnis offline cenderung membutuhkan budget yang cukup besar tergantung bisnis usaha yang anda jalankan. 

Jika anda berencana membuka toko hijab dan busana nuslim tentu membutuhkan biaya yang besar, tetapi jika anda berencana membuka usaha kecil-kecilan dirumah sendiri seperti membuka toko lengkap dengan isi pulsa,Gas,dan kebutuhan penting lainnya mungkin tipe usaha ini tidak membutuhkan biaya besar.

📌 PROMOSI YANG DIGUNAKAN


Promosi yang digunakan dalam bisnis pastinya dengan kekuatan internet global menjangkau orang-orang dengan social media, beriklan di google dan mengoptimalkan website di mesin pencari. 

Sedangkan tipe bisnis offline tentu promosi yang digunakan dengan menawarkan secara langsung pada pengunjung usaha anda dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah, itu sudah menjadi modal untuk promosi


PERSAMAAN BISNIS ONLINE VS BISNIS OFFLINE

📌 MEMBUTUHKAN KERJA KERAS


ya anda semua tau apapun bisnis yang anda jalankan baik ppc pay per click seperti adsense, affiliate, menjual produk sendiri seperti e-commerce ataupun menjual produk offline sepeti membuka salon kecantikan,spa, restoran ataupun yang lainnya…Kesemuanya itu MEMBUTUHKAN KERJA KERAS DAN DOA….Tanpa hal itu, diatas kertas mustahil untuk mencapainya.

MAAF …..Skema cepat kaya yang memimpikan kaya dalam semalam tidak ada dalam blog ini

📌 BUTUH PENGEMBANGAN DAN PEMELIHARAAN


What’s this : apapun model bisnis yang anda sedang tekuni baik offline ataupun online…semua itu sama-sama membutuhkan pemeliharaan dan pengembangan agar bisnis yang anda jalankan dapat berkembang dan menjadi lebih competitive.

Sekarang ini kalou anda tau baik bisnis online atau bisnis offline banyak yang menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan bisnis yang sedang anda jalankan dikarenakan factor persaingan yang semakin ketat, kalou di dunia online disebutnya Negative Seo atau black hat. Oleh sebab itu orang yang bisa bertahan di dunia bisnis online or offline adalah mereka yang punya kekuatan,modal yang kuat,dan mental baja….tanpa hal itu,,,ya mungkin ujung-ujungnya GATOT..gagal total


📌 MEMBUTUHKAN MODAL


Apakah Ada bisnis online yang tidak membutuhkan modal…???,,,Saya Jawab..” TIDAK ADA “(versi admin)

Lahhh,,,mungkin anda bingung kan ada hanya dengan membuat blog gratis di blogger dan menempelkan iklan di blog tersebut itu kan tanpa modal,,,kalou anda berpikiran seperti itu…Itu Salah besar.

ALASANNYA : Apakah Koneksi Internet yang anda jalankan untuk membuat,edit,ataupun untuk promosi blog anda bukankah itu sebuah “ MODAL “ waloupun terlihat sepele tetap aja itu membutuhkan biaya baik per bulan,atau perhari . Cuma yang membedakan Modal primer dan modal sekunder.

Kalou bisnis offline, anda cenderung harus mengeluarkan modal cukup besar seperti tempat sewa untuk jualan, beli barang untuk dijual dan biaya operasional lainnya…Dan risikonya anda bisa sukses bisa juga gagal dengan kata lain bisa untung dan bisa juga rugi…ITUlah risiko kehidupan. Yang terpenting kita suah berusaha semaksimal mungkin disertai dengan DOA dan hasil akhirnya serahkan pada TUHAN biar kita tidak terbebani karena masalah yang dihadapi.

📌 KONSISTENSI

Apapun jenis bisnis yang anda jalankan baik offline atau online semuanya membutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk mengembangkannya,,tanpa semua itu mungkin tidak akan berkembang dan bertahan lama.

Arti konsistensi disini adalah pekerjaan yang dilakukan secara terjadwal seperti pada pukul 08.00-12.00 anda membuat dan publish artikel dan pukul 15.00-17.00 mengerjakan hal lain seperti promosi di social media, menjawab coment atau setting web/blog anda.. jika semua itu dikerjakan tiap hari maka itu yang dinamakan “ KONSISTENSI”. Kendala besar adalah MALAS DAN BOSAN.

KESIMPULAN

Apapun bisnis yang dijalankan akan mersa senang jika bidang yang dipilih adalah hobi,,,mau berhasil atau tidak tetap senang dengan apa yang dikerjakan pada bidang tersebut.....