cara mempercepat loading blog

Bagaimana cara mempercepat loading blog/website wordpress anda yang mengalami muat halaman yang lambat. 

Sejak mesin pencari google mengumumkan bahwa kecepatan loading website/blog adalah sebagai algoritma mereka memberikan rangking pada sebuah website untuk menduduki posisi tertinggi di mesin pencari google. 

Maka dari itu kecepatan website adalah bagian daripada SEO (search engine Optimization) yang harus dipertimbangkan agar blog wordpress anda mempunyai rangking yang lebih baik lagi, meskipun ada hampir 200 faktor google memberikan ranking pada sebuah halam website dan diantara 200 faktor tersebut diantaranya adalah KECEPATAN.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mempercepat loading blog wordpress anda adalah sebagai berikut:

📌 TEST LOADING WEBSITE


Sebelum anda menilai dan memutuskan bahwa web/blog anda mempunyai masalah kecepatan, ada baiknya cek terlebih dahulu apakah laman web anda begitu lambat atau sudah memenuhi target. Jika web anda mempunyai kecepatan dibawah 70 %, itu tandanya website anda mempunyai masalah kecepatan, dan jika laman web anda pada saat di test mempunyai skor 80% keatas itu berarti laman blog anda sudah lulus. Untuk testing kecepatan ada beberapa tools yang saya rekomendasikan.

TOOLS: google speedinsight,

📌 PILIH THEME MOBILE + FAST LOADING


Pemilihan theme wordpress sangat besar pengaruhnya dalam kecepatan blog anda, salah pilih theme dapat membuat website anda slow down dengan kata lain muat halaman web anda pada saat di akses begitu lambat. Ada beberapa tips dalam memilih theme wordpress yang bagus untuk anda.

Pilih theme dari developer yang terpercaya jika anda ingin membeli versi PRO, seperti MYTHEMSHOP atau THEMEFOREST.NET

Jika anda memilih theme versi free atau PRO, cari dan pilih theme wordpress yang mempunyai review dengan skor yang baik dan real dari pengguna yang senang dengan theme tersebut.

Lihat fitur-fitur apa saja yang mereka tawarkan. Apakah mereka menawarkan fitur kecepatan, theme seperti MYTHEMSHOP mereka menawarkan fitur kecepatan untuk mempercepat muat laman blog anda serta menawarkan fitur SEO dalam theme yang mereka jual

Pilih theme yang mempunyai Support yang baik dari pengembang jika anda mempunyai masalah pada settingan template. Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan dalam membeli theme premium untuk wordpress yang mempunyai dukungan dan update terbaik adalah REHUB THEME dari themforest.net, mereka mempunyai support yang baik.

📌 INSTALL PLUGIN CACHE


Jika anda mempunyai masalah dengan kecepatan loading blog. Anda harus install plugin caching pada website wordpress untuk menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi. Ada beberapa plugin cache yang mungkin bagus untuk diinstall pada blog wordpress.

PLUGIN TERKAIT : Wp Fastest Cache

NOTE : Plugin versi gratis diatas sebenarnya hanya untuk mengurangi masalah loading website yang
lambat untuk versi desktop sedang untuk Mobile cache  tidak tersedia, jadi jangan heran jika anda test laman web anda di google page speedinsight untuk versi mobile akan lambat sedangkan untuk versi desktop nya begitu cepat.

Plugin cache yang bagus berdasarkan review pengguna adalah WP ROCKET (Pro) namun anda harus berinvestasi untuk membeli plugin ini. Fitur-fitur untuk cache mobile tersedia pada plugin cahe ini dan pengaturannya begitu sederhana tetapi bekerja dengan sangat baik.

📌 HAPUS PLUGIN YANG TIDAK PENTING


Terlalu banyak plugin wordpress pada blog anda akan membuat load halaman yang lambat dan kadang membuat konflik dengan plugin-plugin lainnya. 

Jalan satu-satunya untuk mengatasi hal ini adalah menghapus plugin yang memberatkan blog anda, tetapi mungkin anda tidak tau manakah plugin-plugin yang menyebabkan kecepatan loading blog/web anda menjadi lambat. Untuk mengetahui dan cek nya adalah dengan Plugin P3 PROFILER yang berfungsi untuk cek plugin manakah yang membuat website menjadi lambat.

📌 HINDARI IKLAN YANG TERLALU BANYAK


Salah satu penyebab laman web/blog menjadi sangat lambat adalah terlalu banyak iklan yang tampil dalam website anda. Jika anda berpikir bahwa dengan banyaknya iklan di blog akan memperbanyak keuntungan untuk anda…INI ADALAH SALAH BESAR..Justru dengan muat laman web yang lambat pada saat diakses membuat pengunjung menutupnya dan segera pergi memcari informasi di tempat lain.

Disarankan untuk membatasi iklan dalam halaman maximal 3 Iklan yang tampil

📌 CEK STABILITAS WEB HOSTING


Web Hosting sangat berperan penting untuk kecepatan loading blog anda. Respon server hosting yang baik akan mempunyai nilai skor yang tinggi jika anda test menggunakan google speedinsight. 

Respon server hosting yang lambat biasanya terjadi pada Tipe Share Hosting atau hosting berbagi hal ini biasanya terjadi karena memang satu server hosting berbagi untuk website yang banyak, jadi tidak heran jika blog yang lain akan terkena dampaknya.

REKOMENDASI HOSTING : DEWAWEB