Bagaimana Periksa Kecepatan Koneksi Internet-Kadang kesal kalou lagi asyiknya browsing internet koneksi internet kita lemot.Yang jadi pertanyaan
apakah di komputer kita tidak ada virus,malware,spware dan sejenisnya dan sudah mengatur konfigurasi internet?.

Apakah pada komputer kita sudah meng upadate OS dan mematikan aplikasi yang berjalan di backround?,bila jawaban “ya”,tetapi tetap kecepatan koneksi internet kita lambat jalan keluarnya sebelum mengatur konfigurasi jaringan internet kita lebih jauh, ada baiknya memeriksa koneksi internet.Beberapa layanan yang menawarkan test koneksi internet McAfeespeedometer,Speedtest.net dan banyak lagi. Kebanyakan layanan memberikan laporan kecepatan download , yang menentukan seberapa cepat halaman web, video dan beban musik ke komputer.

Speedtest.net tindakan layanan kecepatan upload, yang menentukan seberapa cepat file yang dikirim dari komputer. Jenis lalu lintas termasuk file yang Anda upload ke website dan email yang Anda kirim. Kecepatan upload hampir selalu lebih lambat dari kecepatan download. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel, menghubungkan komputer Anda langsung ke router dengan kabel Ethernet. Dengan begitu hasil tes mengungkapkan sebenarnya kecepatan koneksi internet -. Tidak keterbatasan sinyal Wi-Fi di dalam rumah atau kantor

  • McAfee Internet Connection Speedometer

Buka jendela browser Web baru dan arahkan ke McAfee Internet Connection Speedometer.
Klik "Test Now" link di bagian bawah halaman. Halaman berkedip sekali atau dua kali layanan tes kecepatan download Anda. Layanan ini mengirimkan 150 KB file browser Web Anda. Jika tanggal transfer memakan waktu kurang dari satu detik, tes kedua dengan file yang lebih besar dilakukan.
Lihatlah speedometer di sisi kanan layar untuk melihat hasil kecepatan koneksi internet Anda. Tes ini tidak mengakui kecepatan di atas 2Mbps.
koneksi internet

  • Speedtest.net

koneksi internet

Buka jendela browser Web baru dan arahkan ke Speedtest.net (ketikan di adress bar).Tunggu antarmuka pengguna untuk memuat. Sebuah peta yang menunjukkan lokasi Anda muncul berdasarkan alamat IP Anda. Sebuah segitiga menunjukkan lokasi Anda.Titik-titik menunjukkan server yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data untuk menguji kecepatan koneksi internet Anda. Ini biasanya termasuk perusahaan telekomunikasi, perusahaan IT, perguruan tinggi dan universitas. Sebuah atlas dunia ditampilkan di bawah peta. Alamat IP dan nama penyedia layanan Internet Anda muncul di sudut kanan bawah jendela.
Memperbesar atau memperkecil peta jika diinginkan dengan menyeret scroll bar di sebelah kiri. Anda dapat menarik persegi panjang bersinar di atlas untuk memindahkan peta.

Klik "Mulai Test" tombol di bagian atas peta. Layanan ini secara otomatis memilih server dekat dengan lokasi Anda dan mulai tiga tes: ping, download dan upload.

Lihatlah "Ping" di sudut kanan atas layar untuk melihat berapa lama waktu komputer Anda untuk mengirim ping ke server dan menerima ping kembali. Sebuah ping adalah bagian yang sangat kecil dari data yang digunakan untuk memastikan koneksi internet telah dibuat antara dua komputer. Pikirkan ping sebagai kira-kira setara dengan fungsi ping sonar.Melihat speedometer di tengah layar sebagai server memulai tes kecepatan download, men-download file kecil untuk browser Web Anda. Sebuah ikon seseorang mewakili Anda, sementara piramida merupakan server. Kemajuan download ditampilkan antara dua ikon. Kecepatan koneksi Internet download anda akan ditampilkan di bagian atas layar ketika tes ini selesai.
Perhatikan speedometer dan ikon lagi untuk melihat kecepatan upload. Kecepatan upload akan ditampilkan di bagian atas layar ketika tes selesai.

Catatan
  • Pastikan tidak ada orang lain di rumah yang  menggunakan komputer atau perangkat internet-enable ketika menguji kecepatan internet .
  • Tes kecepatan koneksi internet sering lebih lambat dari kecepatan yang diiklankan yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet. Kecepatan diiklankan umumnya ambang batas tertinggi. Kecepatan dapat dikurangi dengan kabel di rumah dan koneksi di jalan. Kecepatan layanan broadband sering dapat dikurangi jika banyak orang di daerah Anda sedang online pada saat yang sama - seperti jam pertama setelah siswa pulang dari sekolah.
  • Hati-hati sebelum asumsi tes apapun merupakan indikasi kecepatan sejati Anda. Memilih server yang secara geografis lebih dekat dengan posisi anda, seperti yang ditawarkan oleh layanan Speedtest.net, akan memastikan bahwa hasil tes Anda tidak terhambat dengan mengirimkan data melalui jarak jauh melalui banyak router. risiko lebih tinggi adalah bahwa kecepatan data akan diperlambat oleh koneksi internet yang buruk, peralatan tua atau router sibuk.