Internetmania Blog

Tutorial Blog,bisnis online Dan Web Internet

Minggu, 02 Maret 2014

Bagaimana melindungi ponsel android dari pencurian data

android theft

Berhadapan dengan virus,adware,spyware atoupun malware sudah lama diterima sebagai bagian tak terhindarkan dari kehidupan kita ketika menggunakan komputer. Akan tetapi bagaimana pada ponsel android..? Meskipun tidak umum,namun spware ,malware pada ponsel meningkat, dan mungkin harus dihindari sebelum perangkat android rusak atou kehilangan data pribadi anda.Berikut beberapa cara melindungi ponsel android dari pencurian data dan malware :

  • Gunakan Passcode    
Smartphone adalah perangkat yang sangat privasi. Kita berbagi dan menyimpan hal-hal yang sangat privasi pada perangkat kita. Memang kebanyakan orang, ponsel hanya sebuah barang yang tidak aneh lagi yang bisa kita lihat saat bangun, dan yang bisa kita lihat sebelum tidur.
kadang sebagian besar dari kita lupa meluangkan waktu untuk mengatur password pada telepon, untuk melindungi informasi pribadi, dari perangkat yang dicuri atou hilang.
Menetapkan password pada perangkat Android membutuhkan beberapa menit, tapi akan mencegah informasi pribadi kita ke tangan yang salah.passcode sederhana tidak hanya  mencegah seseorang mengakses informasi Anda, tetapi juga mencegah orang  menginstal aplikasi yang tidak diinginkan saat tidak dalam kendali Anda. 

Yang harus dilakukan adalah :

Pada perangkat Android dengan menekan menu "Settings" dan kemudian memilih "Keamanan." Tergantung pada versi Android, mungkin akan melihat beberapa metode pilihan menu yang berbeda. Pilih salah satu yang terbaik bagi Anda disitu ada beberapa pilihan bisa buka kunci layar pakai  sandi,kunci pin atou kunci gambar pola yang lebih aman memang menggunakan kunci PIN tapi itu rawan buat pemilik karena kalou lupa nomor pin,ponsel anda akan diblokir,yang lebih umum biasanya menggunakan gambar pola.

Contoh jebakan berbahaya terhadap pencurian data, anda mungkin menerima pesan teks melalui email atou akun social media yang mengaku dari Target, Best Buy, Wal-Mart atau jaringan ritel besar lain. Isi dari pesan teks mengklaim Anda telah memenangkan hadiah gratis atau perangkat gratis dari beberapa macam. Ada biasanya link dalam pesan bagi Anda untuk mengunjungi dan mengklaim hadiah Anda. Hal ini dikenal sebagai "Smishing."  

Saran-saran

1. jika belanja online diinternet hati-hati jika pemilik situs meminta mengisikan password dan email pribadi.Lihat dulu situs tersebut apakah terpercaya atou tidak.

2. Telusuri Gambar produk yang dijual apakah asli atou tidak,bila asli mungkin bisa dipercaya.

3. Jangan terjebak dengan harga yang sangat miring mungkin itu tujuan seseorang yang ingin mencuri data pribadi.

Wi-Fi adalah titik potensial lain masuknya malware dan pencurian data. Pada publik jaringan Wi-Fi yang tidak aman, siapa pun dengan perangkat lunak yang tepat dapat mencegat data yang Anda transmisi di Internet. Ini termasuk nama pengguna, password, nomor kartu kredit, dan alamat e-mail. 

Saran-saran: 

jika berada di jaringan Wi-Fi, gunakan Virtual Private Network (VPN). Ada aplikasi VPN tersedia untuk Android, mulai dari yang gratis untuk menetapkan jumlah bandwidth untuk setup pay-per-use. Cari Play Store atau App Store untuk "VPN" untuk menemukan sebuah aplikasi yang bekerja untuk anda.

  • Hindari Peta yang Hidup
Berbagi foto menggunakan smartphone Anda dan posting ke Twitter atau Facebook mungkin perilaku yang tidak salah, tapi itu sebenarnya sebuah tambang emas informasi tentang Anda.
Inilah mungkin tidak disadari: smartphone android anda geo-tag foto dengan lokasi Anda menggunakan GPS. Setelah foto berstatus publik, siapa saja dapat mengekstrak data informasi bahwa dari foto dan mencari tahu di mana Anda tinggal, di mana Anda bekerja bahkan dimana anak-anak anda sekarang.
Jika ide merencanakan kehidupan Anda di peta menggunakan foto bukanlah sesuatu yang Anda sukai, Anda dapat menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi kamera ponsel Anda.Pada android kontrol lokasi bervariasi tergantung pada versi Android yang Anda jalankan, tempat yang baik untuk mulai mencari adalah dalam pengaturan dari aplikasi Kamera itu sendiri. Perlu diketahui bahwa foto bukan satu-satunya cara untuk berbagi lokasi . Facebook dan Twitter menambahkan lokasi Anda untuk setiap tweet atau status update secara default. Anda harus memilih dari berbagi lokasi dengan layanan masing-masing melalui halaman pengaturan akun Anda.

  • Teliti dan seksama pada App Permissions
Ketika menginstal aplikasi pada ponsel android : 

1. pastikan Anda men-download dari pengembang terpercaya 
2. Membaca beberapa ulasan dan memperhatikan permintaan izin aplikasi. Jika permintaan meminta akses ke daftar kontak , Anda mungkin harus berpikir dua kali tentang  permintaan hal seperti itu. Ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya seperti mengirimkan SMS dari skor tinggi baru ke teman Anda, atau bisa juga karena alasan berbahaya.

Pengguna Android tidak perlu mengganti password root, melainkan, mereka harus menyadari aplikasi apa  yang meminta izin super user (dengan kata lain, akses root).
Setelah sebuah aplikasi, malware atau tidak, memiliki akses root, ia dapat melakukan apa saja yang ingin lakukan dengan perangkat data yang tersimpan di dalamnya.
Dengan berjalannya waktu, kebutuhan untuk lebih melindungi smartphone kita dari malware, virus dan serangan canggih lainnya akan meningkat. Penggunaan akal sehat untuk menjaga keamanan perangkat anda adalah yang terbaik.

Terimakasih telah membaca artikel ini,jika suka silakan berbagi dengan yang lain